Minggu, 19 Juli 2015

Xiaomi Yi Action Camera



Beberapa minggu lalu pabrikan Xiaomi meluncurkan kamera sport yang saya rasa bentuknya hampir mirip dengan kamera sport yang sudah terkenal yaitu Gopro. Bentuknya yang mirip, kotak dengan lensa fish eye nya membuatkamera xiaomi yi ini sangat mirip dengan kawan nya si gopro. Namun jika dilihat dari depan akan nampak, xiaomi yi tidak memiliki lcd seperti gopro. LCD pada gopro dipakai untuk menampilkan status fungsi dari kamera sport tersebut dan juga dapat menujukkan status battery serta banyaknya foto yang dapat di ambil. Berbeda dengan xiaomi yi, hanya ada tombol power saja pada bagian depan disertai dengan lingkaran bercahaya oleh led yang menujukkan status.

Posisi lensa kamera antara xiaomi yi dan juga gopro memiliki sedikit perbedaan, yaitu pada gopro posisi kamera lebih terletak di pojokan body kamera sedangkan pada xiaomi yi lensa tersebut diletakkan pada sisi kiri depan kamera dibagian rata tengah.

Dalam pembeliannya, kamera xiaomi yi memberikan dua pilihan paket yaitu paket travel dan paket basic. Untuk paket travel kamu akan mendapatkan sebuah tongsis dari xiaomi yi yang saya rasa bentuknya sangat kokoh. Saya uji dengan memasangkan kamera Samsung NX300 yang begitu berat, tongsis ini mampu untuk menyangga nya. Padapaket basic kamu hanya akan mendapatkan unit kamera beserta battery ditambah dengan kabel data yang dapat kamu gunakan untuk transfer data sekaligus mencharge battery xiaomi yi.

Harga dari kamera xiaomi yi saat saya membeli nya adalah USD 89. Dengan harga yang begitu murah dibandingkan dengan kamera gopro 4 yang seharga USD 499.99. Kalau kita bandingkan kualitas video kedua kamera tersebut maka akan susah membandingkan kualitasnya secara kasat mata. Kalau harga, saya rasa kamu bisa melihatnya dengan jelas perbandingannya.
Spesifikasi :
  • Ambarella A7LS DSP + 16MP Sony Exmor R BSI Back-illuminated CMOS Image Sensor
  • 1080P 60/30FPS FHD Video Recording
  • WiFi & Bluetooth Connection for iOS / Android device
  • Aspheric HD Optical Glass Lens / F2.8 Large Aperture 155° Ultra Wide Angle
  • ST High Performance 3-Axis G-sensor
  • Mini appearance, two colors available
  • A water-resistant housing allows you to film fascinating water sports
  • Multiple photo shooting modes: Single shot, Self-Timer, Time-lapse, Burst Shot
  • Panasonic high efficiency Lipo Battery with low power consumption design, 1100mAh Battery provides longer service life
  • Support storage cards up to 128GB maximum (Micro SD Card Class10+ recommended)
  • Standard 1/4″-20 tripod mount on camera compatible with Most Mounts and Accessories
  • Water-resistant up to 40 meters under water
·         Mungkin saat ini anda baru mengenal Xiaomi dengan produk Smartphone dan Tablet Android nya. Namun apakah anda tahu bahwa Xiaomi juga membuat gadget lainnya selain Smartphone? yah baru-baru ini Xiaomi memperkenalkan kamera Action yang tahan air dengan low budget alias harga sangat murah. Kehadiran Xiaomi Yi dipasarkan tentu membuat persaingan bisnis di kamera Action semakin ramai, pesaing kuat dari Xiaomi Yi adalah Go Pro Hero 3 namun harga kamera Go Pro Hero 3 jauh lebih mahal dari Xiaomi Yi. Bayangkan saja untuk harga Xiaomi Yi hanya dikisaran 1,5 jutaan itu sudah mendapatkan Tongkat narsis sedangkan untuk Go Pro Hero 3 diatas 3 jutaan bukankan selisih ini tergolong besar?.

·         Xiaomi Yi bisa menjadi pilihan untuk anda yang berkeinginan memiliki kamera Action murah yang bisa dipakai untuk berfoto atau merekam aktifitas olahraga anda seperti Diving atau juga bisa dipasangkan dengan Drone sekelas DJI Phantom. Kualitas hasilnya sangatlah baik terbukti dengan spesifikasi yang Xiaomi hadirkan pada kamera Action tersebut diantaranya mendukung rekaman video berkualitas HD, support konektivitas wifi, bisa terhubung dengan Smartphone. Untuk lebih lanjutnya mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Yi beserta review kamera Xiaomi Yi bisa anda simak dibawah ini.


Spesifikasi dan Harga Xiami Yi Terbaru
Hands On Xiaomi Yi
Ukuran
60.4 × 42 ×21.2 mm
Berat
72 gram
Material
Terbuat dari PC + ABS dan bahan komposit logam
Warna
White, Jungle
Kapasitas
Microsd Up To 128 GB, Disarankan memakai Microsd Class 10
Bahasa
English, Simplified Chinese, Traditional Chinese
Prosessor
Ambarella A7LS
Konektivitas
Wifi, Bluetooth V4.0
Fitur
  • Sony Exmor R CMOS BSI 16 Juta Pixel Sensor
  • 155 ° (Mobile Phone 89 °) Wide Angle Lens
  • 3D Noise Reduction
  • WiFi Konektivitas (Hingga 100 Meter), dengan mudah mentransfer video dan foto ke smartphone Anda
  • Konsumsi daya Ultra-rendah BLE
  • Bluetooth dan Remote control App
  • 4 mode operasi meliputi; Foto, foto Time-lapse, Jangka waktu foto dan Video
  • Berbagi ke media sosial dalam waktu 10 detik menggunakan APP smartphone.
Kamera
  • .264 Video encoding with Sport level image – processor providing ultra high-fluency.
  • Format MP4
Kualitas Gambar
  • Resolution: 16MP, 4608X3456 pixels Max
  • Time Lapse: 0.5S/1S/2S/5S/10S/30S/60S
  • Timing capture; 3-15S
  • Track Capture:7PCS/Second
Kualitas Video
  • 1080p@60fps, 1080p@48fps, 1080p@30fps, 1080p@24fps
  • 960@60fps, 960@48fps,
  • 720p@120fps, 720p@60fps, 720p@48fps,
  • 480p@240fps,
Sistem Rekaman
  • 2-channel stereo
  • 96KHz Sample
  • 92dBA SNR (  Signal to Noise Ratio)
Kapasitas Baterai
  • Removable 1010 mAh lithium-ion battery
  • Mendukung fitur Quick Charge
Review Kamera Xiaomi Yi


Tombol Power
Team Detekno setelah mencoba kamera Action murah ini, sangat terkagum-kagum dengan desain serta fitur yang ada pada kamera mungil ini. Di beli dengan harga 1,5 jutaan dari seller dari buka lapak, akhirnya kami bisa hands ond kamera Xiaomi Yi. Kami sendiri membeli kamera Xiaomi Yi yang sudah ada tongkat narsisnya (Tongsis). Untuk bungkusannya sendiri hampir sama dengan bungkusan HP Xiaomi dan Tablet nya yang sudah menjadi ciri khas, terlihat simple dan berwarna coklat. Berikut penampakan Xiaomi Yi plus tongsis dan bungkusannya.

Tertata rapi lengkap dengan manual book, tongsis, kamera Xiaomi Yi, Usb dan baterai. Saat kami memegang kamera nya, kesan sangat mungil dan ringan terlihat pada kamera tersebut. Dari spesifikasi yang dijabarkan, ukuran Xiaomi adalah 60.4 × 42 ×21.2 mm dan berat 72 gram. Untuk varian warna, yang kami pegang adalah Xiaomi Yi Jungle dan ada juga Xiaomi Yi berwarna putih yang sudah banyak dijual dipasaran Indonesia. Terdapat 3 buah tombol yang ke masing-masing berfungsi untuk mengaktifkan wifi, menghidupkan kamera, mengganti mode kamera atau video, dan terakhir untuk menjepret atau merekam video. Untuk tombol merekam video atau menjepret foto terletak pada bagian atas, yang disampingnya terdapat lampu indikator yang kalau berwarna merah itu mode video kalau tidak nyala berarti mode foto.


Tombol Jepretan
Sedangkan untuk tombol power sekaligus merubah mode video atau foto terletak di tengah atau disamping lensa kamera Xiaomi Yi. Untuk menyalakan kamera ini cukup ditekan selama 3 detik sampai lampu yang melingkar di tombol powernya berwarna biru begitu juga sebaliknya untuk mematikan kameranya. Untuk merubah mode kamera atau mode video, tinggal 1 kali menekan nantinya lampu indikator yang ada disamping tombol jepretan berwarna merah berarti itu mode video. Sedangkan untuk merubah ke mode kamera tinggal menekan tombol power 1 kali, dan lampu indicator di samping tombol jepretan tidak nyala.

Sisi menarik lainnya dari kamera Xiaomi Yi ini adalah ia memiliki konektifitas Wifi yang bisa menyambungkan kamera ke Smartphone Android atau iPhone. Jadi anda tinggal menginstall aplikasi sport kamera yang disediakan oleh Xiaomi di Smartphone Apple atau Android anda. Terus anda tinggal menekan tombol pengaktifan wifi yang terletak disamping kiri sampai lampu indicator yang disebelahnya nyala berwarna biru.


Tombol Wifi
Untuk bagian bawahnya sendiri tersedia slot untuk memasang tongkat narsis nya, yang untuk pemasangan tongsis nya pengguna tinggal memutarnya karena ia tidak mengunakan jeplekan karena dengan pemasangan yang seperti ini lebih kuat dan kamera tidak mudah lepas saat dipakai untuk selfie.


Xiaomi Yi Plus Tongsis
Pada bagian belakangnya, tersedia ruang slot microsd, usb, hdmi dan penyimpanan baterainya. Yang tata letaknnya menurut kami cukup simple dan rapi, namun sangat disayangkan baterai Xiaomi Yi yang memakai tipe removable artinya bisa dilepas saat kami mencoba melepasnya sangat sulit dan harus berhati-hati. Berikut tampilan belakang Xiaomi Yi :


Slot HDMI USB Microsd Baterai

Tampak Belakang

Setelah lihat penampakannya, tentu anda penasaran bukan tentang hasil jepretan dari kamera Action ini? oleh karenanya kami sudah menjajal kemampuan kamera Xiaomi ini. Dan hasilnya sangat memuaskan, untuk kualitas fotonya terbilang sangat jernih dan terang.


Hasil Jepretan Xiaomi Yi

Hasil Kedua Jepretan Xiaomi Yi
Dari test yang dilakukan Team Detekno, hampir tidak ada kondisi blur atau kurang focus saat melakukan aktifitas fotografi dengan kamera Xiaomi Yi ini. Walau kita memfoto objek yang sedang bergerak cepat, kualitasnya tetap focus dan seimbang artinya ini adalah hasil terbaik yang disuguhkan kamera Xiaomi Yi. Untuk kemampuan di dalam airnya sendiri, Team Detekno belum sempat mencoba, mungkin nanti akan kami test juga di artikel selanjutnya. Untuk kualitas perekaman videonya anda bisa lihat di channel Youtube Detekno Com yang ada di Youtube.

Harga Xiaomi Yi Di Indonesia


Harga Xiaomi Yi Di Indonesia
Memang secara resmi Xiaomi Yi belum hadir di Indonesia, namun sudah banyak penjual Xiaomi Yi di Indonesia yang menjual kamera action tersebut di berbagai toko online. Kami sendiri membeli nya dari situs jual beli buka lapak dengan harga Xiaomi Yi plus tongsis 1,6 Jutaan. Untuk versi yang tidak ada tongsisnya lebih murah, namun kami sarankan untuk anda yang suka selfie lebih baik membeli kamera Xiaomi Yi yang sudah ada tongsis nya karena tongkat narsis yang disediakan oleh Xiaomi sangatlah bagus berbeda dari tongsis lainnya bahannya terbuat dari besi yang ringan dan bisa memanjang atau memendek dengan cara di putar.
Harga Xiaomi Yi Standart
Rp.1,150,000,-
Harga Xiaomi Yi Plus Tongsis
Rp.1,690,000,-

Kesimpulan dari Spesifikasi, Review dan Harga Xiaomi Yi :
1. Kekurangan Xiaomi Yi :
  • Tidak ada Led Flash
  • Tidak ada LCD
  • Baterai sulit dicopot
2. Kelebihan Xiaomi Yi :
  • Harga sangat murah
  • Kualitas foto sangat bagus
  • Mampu merekam video berkualitas HD
  • Memiliki Konektivitas Wifi dan Bluetooth
  • Desain mungil dan simple
  • Tahan Air
Itulah informasi yang bisa kami berikan setelah kami bisa hands on kamera Xiaomi Yi secara langsung. Semoga informasi Harga Xiaomi Yi yang kami lengkapi dengan spesifikasi dan review Xiaomi Yi ini bisa bermanfaat untuk pengunjung setia Detekno.com. Nantikan review gadget lainnya yang terbaru dan canggih di situs Detekno.com

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar