Selasa, 28 Juli 2015

Macam-macam Kopi



SEIRING perkembangan zaman, varian rasa kopi semakin banyak macamnya. Anda mungkin sudah familiar betul dengan coffee latte, mocaccino dan cappuccino. Tapi, apakah Anda tahu tentang komposisi dan takaran bahan campuran pada varian rasa kopi ini.
Ditemui di kawasan Jakarta, M. Aga seorang barista yang juga pemilik gerai kopi Coffee Smith, menjelaskan komposisi dan takaran bahan campuran yang digunakan untuk membuat varian rasa kopi, Jumat (8/5/2015). 

Espresso
Espresso juga disebut sebagai kopi hitam. Kopi ini dinikmati dengan tanpa campuran apapun jadi murni hanya bubuk kopi yang diseduh dengan air. Untuk rasanya tentu saja akan pahit namun bagi pecinta kopi, espresso bisa menentukan rasa kopi yang sebenarnya. Kopi ini biasa disajikan dalam gelas kecil yang dikenal dengan sebutan shot.


Coffee Latte
Untuk anak muda yang gemar menyeruput kopi, coffee latte bisa menjadi pilihan. Kopi jenis ini terbuat dari campuran antara espresso dengan susu cair sehingga rasa kopinya tidak terlalu kuat. Susu yang ditambahkan haruslah susu dengan suhu yang hangat.


(Foto:Designer)

Mocacinno
Mocacinno adalah pilihan tepat untuk Anda penyuka kopi dan pecinta cokelat, karena secangkir kopi ini terbuat dari campuran keduanya. Rasa kopi yang pahit dan sedikit asam berpadu dengan pahit lembutnya rasa cokelat. Cokelat yang ditambahkan pada mocaccino umumnya berbentuk bubuk. Mocacinno bisa disajikan hangat maupun dingin, pada penyajian dingin biasanya disertai dengan semprotan whipping cream.


(Foto:Cakeninja)

Capuccino
Jenis kopi terakhir yang juga menjadi favorit adalah cappuccino. Komposisi kopi jenis ini terdiri dari espresso, susu cair dan busa susu. Busa susu ini terletak di bagian atasnya. Banyak orang menyamakan coffee latte dengan cappuccino padahal ini dua jenis kopi yang berbeda. Cappuccino menggunakan busa susu yang jika disajikan dalam c


1 komentar: