Senin, 09 Februari 2015

Aerogel : Kuat Seperti Baja, tahan api, namun seringan udara


Menurut Anda semua, material apa yang terunik di bumi sekarang ini? Logam cair seperti yang dirumorkan akan digunakan Apple untuk iPhone terbarunya? Ataukah, bahan lainnya? Mungkin, kalau boleh menjawab, material terunik sekarang ini dinamakan Aerogel.
Menurut En.Wikipedia.org, Aerogel diciptakan oleh Samuel Stephens Kistler pada tahun 1931. Penciptaan Aerogel ini juga bisa dibilang suatu kebetulan karena pada tahun tersebut, Kistler mendapatkan tantangan dari Charles Learned. Charles menantang Kistler untuk dapat mengganti benda cair yang terkandung di dalam sebuah jeli dengan gas tanpa mengalami mengubah bentuk jeli semula. Kistler menjawab tantangan Charles tersebut dengan menciptakan sebuah material baru yang mempunyai kekuatan seperti besi namun ringan seperti udara. 
Seperti yang dituliskan oleh Conbug.com, Aerogel adalah material terkuat dan teringan yang pernah di buat oleh manusia. Material ini, walaupun dalam potongan kecil saja, mampu menopang suatu benda yang mempunyai bobot ribuan kali dari beratnya sendiri. Tidak hanya itu saja, Aerogel juga tahan terhadap panas. Material ini memiliki kandungan 99.8 persen udara.
Karena kemampuannya tersebut, walaupun sangat mahal, para ilmuwan dari Ohio dan Arizona melakukan serangkaian uji coba untuk menjadikan Aerogel sebagai obyek penyerap minyak yang terkandung di air. Apabila nantinya, Aerogel ternyata mampu menyerap kandungan minyak di air, maka polusi air dapat tertanggulangi dengan mudah. Kini Aerogel telah dikembangkan menjadi beberapa bagian.
Silica
Silica Aerogel adalah Aerogel yang sering digunakan untuk bahan penelitian. Material ini dapat menyerap radiasi inframerah. Pada tahun 2011, Silica Aerogel tercatat sebagai salah satu material terpadat, teringan, dan terkuat oleh Guinness World Records.
Carbon
Carbon Aerogel adalah suatu material yang tercipta dari campuran partikel dengan ukuran nanometer dan tercampur bersama partikel Aerogel yang asli. Material satu ini dapat diolah menjadi fiber dengan kekuatan yang melebihi Kevlar atau material kuat lainnya yang dikembangkan di DuPont pada tahun 1965.
Alumina
Alumina Aerogel adalah suatu material yang terbuat dari campuran bahan Aerogel dan alumunium oxide. Material ini digunakan NASA sebagai alat pengumpul partikel hypervelocity.

Selain tiga jenis Aerogel di atas, masih terdapat beberapa jenis Aerogel lagi yaitu SEAgel, Chalcogels, dan beberapa jenis lainnya. Sekarang ini, material kuat dan ringan ini telah digunakan dalam aktifitas bermacam-macam, mulai dari penelitian luar angkasa, sampai digunakan oleh US Navy.



Sumber :
http://www.merdeka.com/teknologi/kuat-seperti-baja-tahan-api-namun-seringan-udara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar