Rabu, 19 November 2014

Tugas : Android 5.0 Lollipop Vs Android Kitkat

Generasi terbaru dari Android yang diberi nama Lollipop akan segera dirilis ke publik dalam hitungan hari. Sebelum Lollipop, sejumlah rumor mengenai calon nama Android 5.0 banyak bermunculan seperti Licorice, Laddo, Lemon Pie, Laffy Taffy dan juga Lemon Meringue Pie. Namun versi yang digunakan akhirnya adalah Lollipop.

Menurut Google, Android terbaru yang diberi nama Lollipop ini akan dirilis ke publik pada tanggal 3 November 2014. Sejumlah perbedaan significant, kabarnya akan disematkan dalam Android Lollipop ini. 


Sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop ini mengusung beberapa perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan sistem operasi versi pendahulunya. Ada beberapa fitur yang menjadi kelebihan Android lollipop yang tergolong baru dan tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya. Google mengklaim bahwa kelahiran Android 5.0 Lollipop ini membawa perubahan besar dalam sejarah sistem operasi android. Lantas seperti apa kelebihan Android Lollipop dan fitur yang ditawarkan?

Kelebihan Android Lollipop
Baterai lebih awet 30%
Adanya fitur project volta yang dikembangkan di OS terbaru ini ternyata membawa dampak yang luar biasa. Selama ini android terkenal boros baterai, namun Android Lollipop diklaim mampu hemat 30% dari penggunaan Android KitKat.

Tambahan penggunaan baterai sebanyak 90 menit akan didapatkan pengguna Lollipop karena proses komputasi yang lebih efisien. Pengguna juga sekarang bisa melihat waktu yang diperlukan untuk men-charge baterai sampai penuh atau melihat sisa waktu pemakaian baterai yang masih tersedia.

Peningkatan RAM hingga 4 GB
Selama ini sistem operasi Android hanya mentok di penggunaan RAM sebesar 3 GB saja, namun versi 5.0 Android KitKat ini dirombak dan diupgrade sehingga mendukung arsitek prosesor 64 bit sehingga memungkinkan sebuah perangkat bisa menggunakan RAM sebesar 4 GB.
Pastinya kedepan akan banyak perangkat yang menggunakan arsitektur 64-bit seperti Snapdragon 808 dan Snapdragon 810. Tampaknya smartphone tidak mau ketinggalan dengan PC yang sudah beberapa tahun terakhir menggunakan arsitektur 64 bit. 
Material Design
Android Lollipop menawarkan tampilan yang sangat elegan, modern, dan futuristik Google menyebutnya sebagai Material design. Tampilan antarmuka ini terlihat flat dan minimalis namun terdapat efek animasi yang lebih menarik.

Performa lebih cepat
Peningkatan yang paling menonjol adalah kecepatan olah sistem yang meingkat signifikan. Hal ini disebabkan karena Android Lollipop menggunakan ART Compiler. Fitur ini menggantikan Dalvik yang dipakai pada versi sebelumnya yang memiliki prinsip A head of time. Fitur ini memang membuat proses instalasi aplikasi menjadi lebih lambat dan memakan memori lebih besar. Namun ketika aplikasi dijalankan secara multitasking, performa android akan jauh lebih cepat.
Lollipop juga menyediakan pengalaman yang lebih smooth dan responsif. Dengan fitur baru ini, performa aplikasi bisa 4 x lebih cepat dan aplikasi yang berjalan di background lebih kompak sehingga multi-taskingnya bisa berjalan dengan lebih sempurna.
Keamanan
Sepertinya Google ingin mengubah reputasi keamanan Android yang selama ini dikenal buruk. (Emang buruk ya?) Sistem keamanan khusus sudah disematkan untuk melindungi pengguna, jika ponsel hilang atau digitalnya dicuri. Device baru Android Lollipop akan datang dengan enkripsi otomatis ketika dinyalakan. Fitur SELinux juga akan membuat semua aplikasi mendapatkan perlindungan yang lebih baik melawan malware.
Selain itu, ketika produsen perangkat lain berlomba-lomba menghadirkan fingerprint, Google berinovasi lewat sistem keamanan berbasis suara. Pengenalan suara dinilai lebih efektif dibanding sidik jari.

Media
Kemampuan grafis ditingkatkan dengan warna yang lebih baik, audio yang lebih baik, dan kapabilitas kamera baru seperti HEVC dan UHD 4K video playback.
Fitur Kesehatan
Fitur ini dapat mengumpulkan data aktivitas olahraga bagi penggunanya. Data tersebut juga bisa dikoneksikan dengan perangkat lain, salah satunya lewat platform Android Wear seperti fitur serupa yang hadir di iOS 8 buatan Apple, HealthKit.
Pembaruan pada Google Now
Fitur asisten pribadi Google Now tampak jauh tertinggal ketika Apple memperbarui Siri dan Microsoft menghadirkan Cortana. Lewat Lollipop, Google pun melakukan inovasi dengan mengintegrasikannya ke beragam perangkat.

Itulah beberapa kelebihan Android Lollipop yang ditawarkan, sayangnya OS ini baru tersedia pada perangkat Nexus 6 dan tablet Nexus 9. Sedangkan untuk perangkat lain, kemungkinan masih harus menunggu lama untuk merasakan OS versi 5.0 ini.



Perbedaan Android 5.0 Lollipop dengan Android Kitkat
Android Lollipop atau yang biasa di kenal dengan android L terbaru memiliki beberapa perubahan di banding dengan android kitkat sebelumnya,android Lollipop memiliki perubahan besar pada sisi tampilan desain menu,tampilan desain menu dan warna pada os android versi v5.0 ini jauh lebih hidup dan tajam di banding android kitkat,karena os ini sudah di lakukan perubahan pada material desain responsive ui desain sehingga semua menu terkesan sangat sensitif dan alami
Konsumsi baterai lebih hemat – jika di android kitkat memiliki perubahan penghematan baterai di banding jelly bean hingga 30 %,pada os android Lollipop memiliki perubahan penghematan baterai hingga 50% di banding dengan android jelly bean atau 20% jauh lebih irit di banding dengan android kitkat.
pada sisi pengisian baterai juga terdapat sedikit perubahan tampilan kapasitas baterai ,android lollipop bisa memprediksikan berapa jam lagi ponsel anda perlu di charger,ketika anda melakukan charger akan muncul prediksi berapa jam baterai ponsel anda akan selesai di charger / penuh,prediksi persen baterai pada os android lollipop jauh lebih akurat apa bila di banding anda menggunakan aplikasi tambahan,seperti aplikasi baterai booster dll.
Lebih hemat daya ketika anda melakukan pengirimana file via koneksi bluetooth,di android lollipop sudah di lengkapi dengan teknologi Bluetooth low energy (“BLE”),teknologi satu ini bisa menghemat daya konsumsi baterai perangkat ketika mengirim file bluetooth

Quick setting dan Quick Notifikasi
fitur Quick setting dan Quick Notifikasi merupakan salah satu fitur terbaru yang hanya ada pada os android lollipop.kegunaan dari fitur ini adalah memudahkan anda mengakses file tanpa harus di saat ponsel masih di dalam lock.sepertinya mengunci layar menggunakan password dan pilar di os android sering kita lakukan untuk mengamankan file dari teman-teman atau orang -orang iseng,jika kita menggunakan os android jelly bean ketika ada pesan masuk atau notifikasi bbm dan notifikasi chat,kita harus membuka kunci layar tersebut terlebih dahulu,agar bisa membaca pesan singkat tersebut,di os android lillipop anda tidak perlu membuka kunci layar tersebut dahulu.begitu juga dengan fungsi Quick setting.
Performance atau kinerja os android lollipop di klem 4 kali lebih cepat di banding dengan os android kitkat ,kinerja os android v5.0 ini juga lebih ringan dan halus di banding android versi sebelumnya,
tingkat keamanan lebih tinggi ,setiap kali perubahan versi android sering sekali terjadi perubahan keamanan yang jauh lebih baik dari sebelumnya,begitu juga dengan os android versi v.5.0 android lollipop yang sudah memiliki tingkat keamana 10 kali lipat lebih tinggi di banding os android sebelumnya.


Referensi :
http://www.majalahdroid.com/2014/10/resmi-diluncurkan-ini-dia-kelebihan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar