Kamis, 24 Januari 2013

TULISAN Konsepsi Ilmu Budaya Dasar

Ilmu yang mempelajari tentang konsep-konsep antara manusia dan budaya serta mengkaji masalah-masalahnya adalah ilmu budaya dasar. Dan kita juga mengetahui bahwa dalam kenyataannya , manusia mempelajari ilmu the humanities. Dimana jika kita telusuri the humanities mencakup banyak hal kita mempelajari filsafat, teologi, seni dan cabang-cabangnya. Dalam hal ini seni memiliki peran penting , karena seni bersifat fleksibel dan tidak normative, jadi kita dengan mudah dapat berkomunikasi dengan yang lain.
Cabang daripada seni yang sangat berpengaruh ialah sastra. Sastra sangat berpengaruh Karena sastra sesungguhnya adalah bahasa , dan manusia menggunakan bahasa sebagai penghubung atau berkomunikasi dengan sesamanya. Untuk belajar memahami diri sendiri, mempelajari hal lain pun menggunakan bahasa.

Seni tari Batak pada zaman dahulu merupakan sarana utama pelaksanaan upacara ritual keagamaan. Juga menari dilakukan juga dalam acara gembira seperti sehabis panen , perkawinan. Yang waktu itu masih bernapaskan mistik (kesurupan).
Tor-tor adalah tarian seremonial yang disajikan dengan music gondang. Walaupun secara fisik tortor merupakan tarian, namun makna yang lebih dari gerakan-gerakannya menunjukkan tor-tor adalah sebuah media komunikasi, dimana melalui gerakan yang disajikan terjadi interaksi antara partisipan upacara. Tor-tor dan musik gondang ibarat koin yang tidak bisa dipisahkan.
Menurut sejarah , tari tor-tor digunakan dalam acara ritual yang berhubungan dengan roh. Roh tersebut dipanggil dan “masuk” ke patung-patung batu(merupakan symbol leluhur)
Patung-patung tersebut kemudian bergerak seperti menari tetapi dengan gerakan yang kaku. Gerakan tersebut berupa gerakan kaki (jinjit-jinjit) dan gerakan tangan
Jenis tor-tor beragam :
-  Tor-tor Pangurason (Tari Pembersihan). Tari ini biasanya digelar pada saat pesta besar.
-  Tor-tor Sipitu Cawan (Tari Tujuh Cawan). Tari ini biasa digelar pada saat pengukuhan seorang raja
-  Tor-tor Piso Sipitu Sasarung (Pisau Tujuh Sarung). Tari ini juga berasal dari 7 Putri Kayangan yang mandi di sebuah telaga di puncak gunung Pusuk Buhit.
-  Tor-tor Tunggal Panaluan. Yang merupakan suatu budaya ritual. Biasanya digelar apabila suatu desa dilanda musibah
Tunggal Panaluan ditarikan oleh para Dukun untuk mendapat petunjuk solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab tongkat Tunggal Panaluan adalah perpaduan kesaktian Debata Natolu yaitu Benua Atas , Benua Tengah dan Benua Bawah.
Karena seni dan seniman memegang peranan penting dalam menghasilkan karya yang indah, seniman sebagai pencipta karya seni, meskipun yang lebih penting adalah karyanya. Seniman adalah media penyampai nilai-nilai kemanusiaan. Kepekaannya menyebabkan dia mampu menangkap hal yang lepas dari pengamatan orang lain.
Kesimpulan dari yang diatas
Menurut saya Ilmu Budaya Dasar sangat terkait dalam kesusastraan. Sastra dan seni merupakan pokok penting dalam Ilmu Budaya Dasar. Sastra dan seni juga menyangkut dalam ilmu-ilmu lain seperti psikologis dan sosiologis. Satra merupakan bahasa dalam berkomunikasi dan berkaitan dengan seni budaya. Seni merupakan peranan penting dalam komunikasi dan senipun termasuk dalam sesusastraan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar