Kamis, 24 Januari 2013

TULISAN ISD sebagai salah satu MKDU

           Ilmu sosial dasar sebagai salah satu mata kuliah dasar umum sangatlah penting karena sebagai seorang mahasiswa kita akan mulai belajar bersosialisasi dengan dunia di sekitar kita. selain itu juga kita sebagai manusia tidak dapat berdiri sendiri di dunia ini tanpa bantuan orang lain karena manusia itu sendiri adalah manusia sosial. Dalam lingkungan kampus juga kita akan bersosilisasi, misalnya dengan teman, dosen, satpat dan masyarakat kampus yang lain. Dalam kelas sendiri tentunya kita akan sering bersosialisasi dengan teman-teman yang lain, misalnya pada saat belajar  dan mengerjakan tugas bersama teman-teman yang lain. Dengan bersosialisasi kita akan mempunyai banyak teman dan apabila kita mempunyai banyak teman maka akan selalu ada orang yang mau membantu kita disaat kita dalam menghadapi kesulitan.
 Oleh karena itu ISD digunakan untuk membantu kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, sehingga mahasiswa bisa berfikir secara logika dengan menggunakan otak, bukan dengan kekerasan atau cara exstrim lainnya.
Peranan mata kuliah Ilmu Sosial Dasar sangat penting bagi kehidupan mahasiswa sebagai pedoman mahasiswa untuk membetuk pola fikir dan dalam cara bersosialisasi dengan mahasiswa lain, serta cara menyelesaikan masalah – masalah yang timbul, karena mahasiswa Sebagai mahluk sosial selalu dihadapkan kepada masalah - masalah sosial yang tdak dapat dipisahkan dalah kehidupan. Masalah sosial ini timbul sebagai akibat dari hubungannya dengan sesama manusia lainnya dan akibat tingkah lakunya, Sehingga timbul pola fikir baru yang digunakan sebagai bekal mahasiswa dalam menghadapi masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar