Minggu, 10 Mei 2015

Keistimewaan VSCO CAM




Aplikasi photo editing VSCO Cam tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna smartphone yang menggemari hobi fotografi dan juga photo editing. Ya, VSCO Cam memang telah tersedia di Apps Store dan Google Play Store secara gratis.
Dengan mengunduh aplikasi ini baik di perangkat Android maupun iOS, Anda memiliki kesempatan untuk mengedit foto-foto yang diabadikan dengan sentuhan khas yang elegan dan profesional ala VSCO Cam.

Eksistensi aplikasi VSCO Cam sendiri sudah menjamur di pengguna jejaring sosial Instagram. Aplikasi ini bahkan menjadi salah satu aplikasi penunjang yang dapat membuat foto-foto memiliki sentuhan khusus yang mampu memberikan efek tersendiri sesuai dengan selera penggunanya.
VSCO Cam tampil dengan interface yang minimalis dan tidak terkesan `norak`. Untuk menggunakan aplikasi ini juga tergolong mudah. Dilengkapi dengan beragam preset yang sederhana, VSCO Cam memiliki enam fitur yaitu Camera untuk mengambil foto dan mengedit secara instan dan VSCO Grid untuk berbagi hasil foto editan dengan pengguna lain. 

Kemudian Journal yang memungkinkan Anda bisa melakukan browsing tutorial dan info terkait VSCO Cam, Setting untuk mengubah posisi penempatan tool dan preset, bahkan bisa melakukan network sharing dengan jejaring sosial (Instagram, Facebook, Twitter, Google+), Store untuk membeli preset yang menyediakan filter, dan Library sebagai `ruang kerja` di VSCO Cam untuk mengedit foto-foto Anda.

Vscocam adalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi menangkap atau mengambil foto, memungkinkan untuk melakukan perubahan dari filter digital, dan dapat membagikan foto ke aplikasi vscocam tersebut, Aplikasi ini juga memberikan pilihan untuk membagikan ke media jaringan sosial lainnya. Keistimewahan dari aplikasi ini adalah memberikan pilihan filter yang unik, elegan, dan lebih menarik, dimana filter-filter yang ditawarkanpun tidak dapat diperoleh dari media lain. Aplikasi vscocam ini dapat digunakan di iPhone, iPad, iPod touch yang bisa didapatkan melalui app store dan aplikasi ini bisa digunakan juga di sistem operasi android yang bisa didapatkan langsung melalui play store.

Apa Yang Menarik Sebenarnya Tentang VSCO Cam?

 

Satu perkara yang saya suka di masa lapang adalah berkunjung ke profile Instagram pengguna lain secara rawak. Ada di antaranya hadir dengan hasil yang sangat menarik sehingga saya tidak percaya bahawa gambar tersebut diambil daripada sebuah telefon. Ia menampilkan gambar dengan warna yang sangat unik dan saya pasti pemilik profile ini menggunakan iPhone kerana melihat hashtag yang dilabel dengan perkataan #vscocam.
Semalam pihak Visual Supply Company telah melancarkan aplikasi VSCO Cam pula untuk Android secara rasmi. Ia merupakan suatu aplikasi paling diminta oleh pengguna Android setelah sekian lama berada di platform iOS secara eksklusif sebelum ini. Bagi saya, ini adalah berita gembira kerana inilah aplikasi yang saya nanti-nantikan selama menggunakan peranti Android. Ia sebuah aplikasi yang dapat menjadikan gambar yang diambil kelihatan istimewa dan sangat cantik daripada kebiasaannya.

Namun begitu, kehadiran aplikasi ini turut ada yang merasakan VSCO Cam adalah satu aplikasi image editor yang lain dan biasa sahaja untuk Android. Saya tidak berasa sebegitu kerana majoriti pengguna iPhone yang bijak menggunakan VSCO Cam sebelum ini sudah cukup membuatkan saya ‘cair’ melihat Instagram mereka. Sebagai contoh, saya sertakan beberapa profile Instagram yang menarik untuk dilihat dengan hasil VSCO Cam ini.

Bagi saya, keistimewaan VSCO Cam adalah terletak pada filter. Apa yang membezakan VSCO Cam dengan aplikasi lain, filter yang direka padanya dibuat oleh golongan fotografi profesional dan setiap filter yang hadir menampilkan kesan warna yang unik dan sukar untuk didapati pada aplikasi lain. Sebagai permulaan, VSCO Cam menampilkan 10 filter khas secara terbina dan sekiranya anda mahukan filter yang menarik dengan lebih lagi, VSCO Cam turut didatangkan dengan fungsi Store.

KEISTIMEWAAN VSCO CAM TERLETAK PADA FILTERNYA YANG UNIK.
Menggunakan VSCO Cam juga sangat mudah kerana ia tampil dengan kawalan yang straight-forward dan seimbang dari segi functionality dan fungsi sharing. Pada bahagian galeri, ia menempatkan sejumlah gambar yang sedang disunting dan sekiranya anda ingin menambah gambar padanya, tekan pada logo tambah yang berada di atas galeri. Sekiranya anda menekan pada salah satu gambar yang berada di galeri VSCO Cam, ia akan membawa anda ke ruangan suntingan yang hadir dengan filter pilihan. Setelah selesai membuat suntingan pada gambar, VSCO Cam membolehkan anda berkongsi gambar tersebut melalui senarai laman sosial utama.

Apa yang menarik lagi, tahun ini juga pihak pembangun VSCO Cam turut melancarkan VSCO Grid yang membolehkan pengguna ‘showcase’ gambar mereka hasil daripada VSCO Cam ini.

VSCO GRID BUKAN SAINGAN INSTAGRAM.
Ramai yang mengatakan fungsi ini merupakan fungsi yang membunuh Instagram tapi yang pasti, VSCO Grid bukanlah saingan bagi Instagram. Saya merasakan VSCO Grid merupakan tempat yang mana ‘hanya gambar lawa sahaja’ untuk disimpan dan dijadikan sebagai satu galeri eksklusif bagi pengguna. Ia tidak didatangkan dengan sebarang sistem komen dan like tapi hanya sekadar meletakkan caption pada gambar. Boleh dikatakan VSCO Grid adalah ‘Tumblr mini’ bagi pengguna VSCO Cam dan fungsi ini juga boleh didapati secara terbina melalui ruangan sidebar pada aplikasi ini.





Bagi saya juga, Snapseed atau aplikasi pihak ketiga yang lain tidak patut dibandingkan dengan VSCO Cam kerana apa yang ditawarkan agak berbeza. Snapseed sedia kita kenali memberikan kuasa suntingan yang pelbagai pada peranti pintar masa kini. Ia hadir dengan beberapa tools khas yang membolehkan anda menaikkan kontras, melakukan efek HDR, dan meletakkan efek blur pada gambar. Tetapi pada aplikasi VSCO Cam, ia sudah disediakan dengan filter khas padanya dan sedia digunakan terus pada gambar anda.

SNAPSEED ATAU APLIKASI PIHAK KETIGA LAIN TIDAK PATUT DIBANDINGKAN DENGAN VSCO CAM KERANA IA BERBEZA DARI SEGI ‘FUNCTIONALITY’ DAN TUJUAN APLIKASI DIWUJUDKAN. 
VSCO Cam juga turut hadir dengan fungsi suntingan asas seperti kebolehan mengubah temperature, brightness, dan kontras pada setiap filter tapi ia tidak sehebat tools pada Snapseed kerana VSCO Cam bukan dicipta untuk itu. Ia dicipta lebih kepada keupayaan dan suntingan pada filter.

Saya juga sering menggunakan kedua-dua aplikasi ini untuk memproses gambar sebelum saya memuat-naiknya ke Instagram. Saya akan menggunakan Snapseed terlebih dahulu untuk menaikkan kontras dan membuat perubahan warna pada gambar. Selepas selesai dan saya berpuas hati dengan tahap keterangan dan kejelasan pada gambar tersebut, barulah saya akan menggunakan VSCO Cam untuk memasukkan filter uniknya. Kemudian, gambar yang habis ‘diproses’ melalui kedua-dua aplikasi ini, Instagram akan melakukan tugasnya pula untuk memuat-naik gambar ini.
Kedua-dua aplikasi ini sekiranya kita bijak gabungkan kuasa suntingannya, ia akan memberikan hasil gambar yang ‘outstanding’ dan tampil luar biasa.

Tidak heran aplikasi ini mempunyai ramai permintaan sehinggakan ada yang sanggup membeli iPhone kerana semata-mata mahukan aplikasi VSCO Cam sebelum ini. Perkara ini saya laluinya secara realiti bila mana ramai rakan saya yang bertukar kepada iPhone atas sebab kehadiran aplikasi ini sahaja.

Tapi perlu diingatkan, VSCO Cam juga memerlukan kemahiran dan kreativiti anda mengambil gambar. Jika tidak, ia tidak memberi sebarang kecantikan pada gambar yang diambil walaupun disunting dengan aplikasi VSCO Cam. Itu sebab mengapa ada mengatakan VSCO Cam tidak memberi sebarang ‘hype’ langsung kepada mereka. Sama juga dengan efek HDR. Jika ia tidak digunakan pada gambar yang betul, ia akan menampilkan hasil yang sangat buruk dan tidak cantik untuk dilihat. Jadi, kesemua hasil yang didatangkan juga terletak pada tangan anda.




Sejarah VSCO
Vsco adalah perusahaan seni dan teknologi yang membangun ekosistem perangkat digital, layanan dan untuk masyarakat kreatif modern. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2011, perusahaan yang berbasis di oakland, dan kator yang terletak di colorado springs dan new york city. Dasar dari perusahaan Vsco adalah komunitas kreatif, bersatu demi keindahan, melakukan apa yang dicintai, tentang menuangkan setiap ons darah, keringat dan air mata menjadi sesuatu yang layak dipercaya, dan yang paling penting adalah tentang kekuatan seni untuk seni dan keyakinan bahwa foto dapat mengubah perspektif, suasana hati, dan kehidupan. Dan kemudian yang terakhir adalah tentang gerakan dari seluruh jutaan dunia menciptakan cinta kerajinan dan masyarakat.

Fitur-fitur VSCOCAM
Kamera
Kamera vscocam berguna untuk melakukan pengambilan gambar sesuai objek yang ingin kita ambil. Hasil foto yang diambil akan tersimpan secara otomatis di library yang ada di aplikasi tersebut. Kemudian hasil foto tersebut dapat bisa langsung dilakukan perubahan melalui filter-filter yang disediakan dan juga dapat langsung mengatur lanjutan kontrol kamera, Pengaturan Foto yang bisa dapat dilakukan yaitu penambahan atau pengurangan dari volume dari exposure, temperature, contrast, rotate, crop, fade, vignette, tint, shadow, highlights, sharpen, dan skintone. Masing-masing dari jenis pengaturan foto ini memiliki kegunaan untuk meningkatkan hasil ketajaman dari foto yang ingin diubah. Selanjutnya foto-foto hasil dari perubahan kontrol kamera vscocam bisa langsung diunggah di vscocam dan akan otomatis masuk di pilihan grid vsco dan langsung dinikmati oleh para pengikut dari vscocam, tetapi sebelumnya agar hasil foto dapat diunggah di aplikasi vscocam, diharuskan sebelumnya mendaftar untuk menjadi anggota dari vscocam. Foto yang diunggah pun tidak terbatas atas jumlah tertentu, dan ukuran foto juga tidak terbatas, bisa diunggah dengan berbagai ukuran foto. Untuk standarisasi pengunduhan aplikasi vsco cam dan vsco grid sekarang tersedia untuk android 4.0 dan perangkat iOS, yang sekarang termasuk iOS 8.
Penggunaan Vscocam di sistem operasi iOS 8
Untuk penggunaan Vscocam di perangkat sistem operasi iOs 8, ada pilihan untuk penganturan ISO, ISO merupakan fitur luar biasa yang memungkinkan untuk mengambil kontrol dari gambar dengan mengukur sensitivitas kamera terhadap cahaya. Jika memilih AUTO, kamera secara otomatis akan menerapkan ISO pilihan untuk gambar. Jika tidak memilih AUTO, lingkaran putih akan muncul. Di sana akan dapat geser lingkaran ke kanan untuk menambahkan cahaya dan ke kiri untuk menghapusnya. Selanjutnya fitur Auto white balance, pilihan ini sudah ada sejak VSCO Cam diciptakan, tetapi untuk sistem operasi terbaru iOS 8, dapat megontrol untuk penyesuaian manual. 

Kemudian ada Fokus baru VSCO Cam manual memungkinkan untuk menaikan tingkat auto fokus kamera untuk mencapai detail yang diinginkan di setiap pengambilan gambar.kecanggihan selanjutnya adalah bisa mengatur kecepatan rana, Kecepatan rana memungkinkan untuk memperlambat atau mempercepat shutter. Memperlambat rana Anda ke bawah memungkinkan untuk lebih banyak cahaya dan gerakan, sementara mempercepat memungkinkan untuk terjadinya kekurangan cahaya tetapi juga gambar yang lebih tajam. Shutter Speed dapat secara otomatis ditentukan oleh perangkat dengan menekan AUTO.

Efek Foto
Untuk efek foto tersedia dari berbagai pilihan, untuk pilihan efek yang gratis adalah BW yang terdiri dari B1 (black and white classic) dan B5 (black and white moody), C1 Vibrant, F2 mellow, G3 potraits, M3 mood, M5 Fade, P5 instant, T1 moody, X1 bw fade, HB yang terdiri dari HB1 Hypebeast dan HB2 Hypebeast , efek analog (A4, A5, A6), efek street etiquete (SE1, SE2, dan SE3), dan yang terakhir adalah LV3 Levis.
Untuk pilihan efek yang berbayar adalah Black & White Classic (B1-B3) untuk efek ini memunculkan kesan sederhana namun abadi, preset b series ini menyediakan perbaikan halus pada hitam dan putih. Dengan detail bayangan yang sangat baik dan kontras, paket ini mengakomodasi tambahan dari berbagai foto. Black & White Heavy Fade (X1–X3) untuk x series ini memberikan kesan menarik dan memberikan kualitas pudar yang kuat, dan berlaku untuk berbagai situasi. Black & White Moody (B4-B6) efek ini memberikan kesan kehadiran gelap, gravitasi dan kedalaman dari potraits.

 Paket kontras tinggi ini memberikan detail enhances yang hebat dalam tekstur dan lingkungannya. Black & White Light tone (X4-X6) memberikan kesan semangat dan lebut, paket series x edisi dua ini secara natural menjawab pola sepia klasik, paket ini cocok untuk segala jenis acara. masing-masing dari efek tersebut dikenakan biaya sebesar 99 Cents. 

Selanjutnya efek the contemporary collection yang memberikan 4 pak (totalnya adalah 12 preset) termasuk analog/archetype, new modern / lights, polychrome summer dan polychrome winter. Bundel ini menawarkan fantastis preset dan nilai, dan biaya dari efek ini seharga $2.99. selanjutnya ada efek fadded & moody, mellow/fade, mood : subtle fade, mood : underexposed, keempat efek ini menawarkan kesan kelam yang dalam dengan porsi efek yang berbeda-beda, harga yang ditawarkan untuk efek ini sebesar 99 Cents. Efek selanjutnya yaitu instant classic, instant + cool, dan instant + warm. Efek ini memberikan kesan mewujudkan banding film instan dan memudar pola warna, efek ini juga cocok untuk makanan, fashion dan kehidupan sehari-hari, harga efek ini masing-masing sebesar 99 cents. 

Kemudian efek selanjutnya Polychrome summer dan pollychrome winter, efek polychrome ini cocok untuk fashion, kehidupan gaya dan objek yang tetap, warna pink, kuning dan ungu cocok untuk membangkitkan memori terbaik dari waktu summer dan memberikan pola warna yang dingin dan membuat inspirasi dalam musim winter. Harga untuk efek ini juga sebesar 99 Cents. Kemudian efek menarik juga ditawarkan pada efek analog classic, bright + clean, bright + warm, new modern/lights, dan vibrant classic. 

Masing-masing dari efek ini dikenakan harga sebesar 99 cent per efek. Dan efek terbaru dari vscocam adalah the minimalist collection, efek ini menawarkan 10 jenis preset baru yang menawarkan desaturated dan tenang untuk hidup dan bersih, ideal untuk menekankan keindahan dalam keheningan, pengaturan kontemplatif, potret, dan arsitektur. Harga efek ini lebih mahal dari pada yang lainnya yaitu sebesar $2.99.

Library dan Grid VSCO
Library merupakan wadah atau tempat untuk menyimpan gambar yang ingin diubah atau yang sudah diubah sebelum disimpan di gallery foto atau sebelum di unggah ke media social seperti instagram, facebook, twitter, email dan weibo. Untuk Grid vsco merupakan suatu wadah untuk berbagi hasil foto-foto dengan kualitas yang terbaik dan hasil pengaturan foto yang baik. Grid vsco memberikan peluang untuk Menunjukan hasil foto yang profesional terhadap sesama anggota vscocam dan bisa saling mengikuti, agar dapat secara langsung menerima atau melihat foto yang diunggah oleh anggota vscocam lainnya. 

VSCO Cam untuk Android dan iOS sepenuhnya terintegrasi dengan VSCO Grid, platform penerbitan minimalis dari vscocam. Fungsi dari Vsco grid ini Membuat dan menampilkan fotografi asli, menemukan dan mengikuti materi dari seluruh dunia, melihat pilihan curated gambar terbaik secara online, dan tersedia pilihan untuk membaca profil artis mendalam di VSCO Journal sebagai pedoman untuk hasil foto-foto yang terbaik.

Komunitas VSCOCAM
Pertama kali Vscocam berkembang menjadi sebuah aplikasi iPhone untuk perubahan foto atau pun untuk berbagi foto. Dilanjutkan dengan perkembangan Vscocam yang hadir dalam sistem operasi android setelah membuat debut nya yang luar biasa pada operating sistem iOS yang menuai kesuksesan yang besar. Kekuatan aplikasi VSCO Cam terletak pada tingkat kedalaman customisability yang menawarkan banyak sekali preset yang dapat mengubah sepanjang spektrum warna, yang berarti jumlah hampir tak terbatas dari filter foto yang sebenarnya.

Aplikasi ini gratis untuk di-download tetapi juga menawarkan pembelian filter di dalam paket preset. Hal pertama yang akan di lihat tentang VSCO Cam adalah desain nya. Para pengembang aplikasi VSCO Cam telah merancangnya sedemikian rupa sehingga enak untuk dilihat. Hasilnya adalah sebuah aplikasi yang begitu halus dan begitu eksklusif. Kesan ini diperdalam oleh beberapa uraian promosi seperti, “Mobile images have never looked so stunning“, “The Standard of Mobile Photography” dan “Elegant results, previously unattainable on Android”. 

Aplikasi ini memang terlihat benar-benar menakjubkan, dengan tampilan menu yang baik dan editing tools yang mudah, bahkan fitur di in-App Purchase nya pun tampak menarik untuk di coba. Ada banyak fokus pada gambar dan akan mendapatkan tampilan yang baik pula di Library dan VSCO Grid. Bukti kesuksesan dari vscocam ini didukung dengan munculnya berbagai komunitas vscocam salah satunya dalah komunitas vscocam kaskus, dimana dalam komunitas ini bisa saling berbagi mengenai cara perubahan kontrol foto yang baik, hasil-hasil perubahan foto, dan saling bertukar pikiran menyangkut hasil foto yang diubah.

VSCOCAM di Masa yang Akan Datang
Dengan berjalannya waktu, vscocam akan terus berkembang. Terbukti dimana sebelumnya vscocam hanya mengeksklusifkan aplikasi ini berada diplatform iOS, akhirnya sesuai dengan permintaan dari para pengguna android pihak Visual Supply Company mengeluarkan aplikasi VSCO Cam untuk Android secara resmi.

 Apa yang membedakan VSCO Cam dengan aplikasi lain, filter yang menampilkan kesan warna yang unik dan sukar untuk didapati pada aplikasi lain. Menggunakan VSCO Cam juga sangat mudah kerana ia tampil dengan kawalan yang straight-forward dan seimbang dari segi fungsi dan fungsi pembagian foto. Tapi perlu diingatkan, VSCO Cam juga memerlukan kemahiran dan kreativitas dalam pengambilan gambar. Jika tidak didukung dari kemahiran pengambilan gambar, tidak akan menghasilkan keindahan pada gambar yang diambil walaupun disunting dengan aplikasi VSCO Cam.



Sumber :

 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar