Kamis, 09 Oktober 2014

Android VS IOS


Seiring dengan perkembangan zaman pada saat ini, kecanggihan teknologi gadget semakin diburu oleh publik. Gadget yang sedang laris manis dalam pasaran gadget dunia saat ini adalah smartphone dan juga tablet. Karena kedua perangkat tersebut yang menjadi trend pasar saat ini, para vendor ponsel juga ikut bersaing dengan berlomba-lomba memberikan perangkat ponsel,  baik itu smartphone ataupun juga tablet dengan kualitas yang terbaik. Dengan tujuan bisa mendapatkan tempat dihati para konsumen.

Dan pastinya kita juga mengetahui komponen apa saja dan spesifikasi yang bagaimana saja yang ada dalam smartphone dan juga tablet. Sejauh ini kita mengenal sistem operasi sebagai otak dari smartphone dan juga tablet. Ada beberapa sistem operasi yang dimiliki oleh oleh perangkat ponsel, diantaranya adalah Android yang merupakan OS dari perangkat yang banyak digandrungi masyarakat, iOS merupakan OS dari Apple yang sudah terkenal dengan harga mahalnya. OSBlackBerry yang hanya bisa kita jumpai dalam perangkat BlackBerry saja dan terakhir OS yang sudah sangat terkenal besutah Microsoft yaitu Windows Phone yang saat ini digunakan oleh perangkat Nokia Lumia.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan pada anda semua tentang sistem operasiAndroid dan iOS, mana yang lebih menarik buat anda? Android kah? Yang merupakan OS ponsel yang sudah merakyat atau iOS yang merupakan OS dengan perangkat canggih namun memiliki harga yang tergolong tinggi. Simak beberapa perbedaan diantara OS Android dan iOS dibawah ini.

Perbedaan yang begitu terlihat dari kedua OS ini adalah “Pengembangnya”. OS Android memiliki sifat yang Open Source yang artinya pengguna bisa mengubah-ubah perangkat sesuai dengan keinginan dan selera. Sedang iOS memiliki sifat yang berbalik dari Android yaitu Closed Source yang berartikita sebagai pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS tidak bisa mengubah-ubah perangkat sesuai dengan keinginan kita, namun disini pihak Apple sebagai pengembang mampu menyediakan aplikasi-aplikasi untuk melengkapi kebutuhan kita.
Keterbukaan Android malah bisa menjadi musibah buat kita, karena terlalu terbukanya hingga banyak tangan-tangan jahin yang berkeliaran untuk Android. Sedang disini iOS lebih terasa aman karena tertutup dan pihak Apple sangat bertanggung jawat terhadap ketangguhan perangkatnya. Selain itu perbedaan lain yang menyolok namun tidak begitu terasa adalah tombol yang dimiliki oleh iOS dan Android, iOS hanya memiliki tombol Home saja, sedang Android memiliki beberapa tombol diantaranya Home, Menu dan juga Back. Perbedaan ini terasa saat anda beralih perangkat dari Android menggunakan iOS atau juga sebaliknya.
Jika kita menilai secara sepintas pasti kita akan lebih memilih OS Android jika dibanding denganiOS, karena bisa dirubah-rubah sesuai dengan keinginan kita, disamping itu juga harga jauh lebih murah jika dibanding dengan perangkat yang menggunakan OS iOS. Namun jika kita lebih mengutamakan ketangguhan dan keamanan perangkat, pasti kita akan cenderung memilih iOS, namun semua itu kembali pada anda yang bisa menentukan, pilihan anda adalah yang terbaik buat anda.


Pengenalan Android
Android merupakan sebuah platform untuk perangkat bergerak (mobile device) yang semakin populer. Bahkan, beberapa perusahaan riset telah menobatkan Android sebagai jawara ponsel pintar (smartphone) melebihi platform yang lain, seperti Sysmbian atau Apple iOS. (Eueung Mulyana, 2012).
Android, Inc didirikan oleh Andy Rubin. Pada tahun 2005, oleh Google, dan kemudian tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat mobile yang didukung oleh Linux Kernel. Alhirnya pada 5 November 2007, Open Handset Alliance sebuah aliansi bisnis beberapa perusahaan yang termasuk Google, HTC, Intel, LG dan 76 perusahaan lainnya meluncurkan sendiri. Pada hari yang sama, Open Handset Alliance juga meluncurkan produk pertama mereka yaitu Android, sebuah platform perangkat mobile yang dibangun pada Linux Kernel versi 2.6.

Perkembangan Sistem Operasi Android

Android Versi Beta

Android 1.0 (Astro)

Android 1.1

Android Cupcake

Android Donut

Android 2.0/2.1 Eclair

Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)

Android 2.3 Gingerbread

Android 3.0/3.1 Honeycomb

Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)

Android 4.2 Jelly Bean

Android 4.4 KitKat


Keunggulan Sistem Operasi Android

1) Selalu lebih baik
Selalu update terbaru di setiap versi Android menjamin keunggulan disisi performa maupun fiturnya. Android Jelly Bean dan KitKat yang merupakan versi terbaru dari android bahkan menjanjikan penambahan keunggulan android dari kualitas yang signifikan.

2) Magnet Google
Nama baik Google yang tidak diragukan lagi juga menjadi salah satu keunggulan android. Kelebihan android yang satu ini tentu akan susah ditandingi. Nama besar Google di dunia maya akan membuat konsumen yakin bahwa os mobile ini memang os yang terbaik. Lebih – lebih juga dibandingkan dengan os mobile lain yang belum jelas keunggulannya.

3) Banyak dukungan vendor kelas atas
Keunggulan android ini mampu melonjakkan popularitas serta kemampuan Android. Selain kemudahan dalam segi integrasi teknologi dan popularitas ternyata masih banyak keunggulan lain yang dapat diperoleh dari dukungan vendor kelas atas tersebut sehingga memperkuat keunggulan android diantara os mobile lain.

4) Smartphone pengusung yang berkualitas
Kesuksesan ini tidak lepas dari keunggulan android yang diusung smartphone yang memiliki bermacam fitur berkualitas. Sebut saja Droid X, Galaxy S sampai HTC Evo memiliki banyak kelebihan sehingga konsumen terterik untuk membelinya.

Kekurangan Sistem Operasi Android

1.) Fragmentasi

2.) Tidak mendukung J2ME

3.) Boros baterai

4.) Google Centric

5.) Banyak Malware

6.) Update ke End User membutuhkan waktu yang cukup lama


Pengertian iOS
iOS adalah sistem operasi perangkat genggam dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga mendukung perangkat Apple, Inc. Yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple, Inc, tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam iOS dibuat menggunakan bahasa C, C++, dan C-Objective. iOS merupakan sistem operasi Unix karena iOS diturunkan dari sistem operasi OS X yang memiliki fondasi Darwin.
Di akhir tahun 2010. iOS memiliki mangsa pasar sebesar 26% dibawah Android milik Google dan Symbian milik Nokia. Paa 31 Mei 2011, di Apple Inc App Store tercatat lebih dari 500.000 aplikasi iOS, yang telah diunduh sebanyak lebih dari 15 juta kali. Untuk bisa menjalankan aplikasi bajakan atau yang tidak tersedia di Apple, Inc App Store, pada umumnya pengguna iOS melakukan aktivitas iOS jailbreaking. (http://www.apple.com/iOS ).

Perkembangan iOS

iPhone OS 1
iPhone OS 2
iPhone OS 3
iPhone OS 4
iPhone OS 5
iPhone OS 6
iPhone OS 7


Kelebihan / keunggulan iOS

 Sulit terserang virus
 User Friendly
 Memiliki tampilan user interface yang menarik
 Tersedia aplikasi yang menarik dan berkualitas
 Ukuran memory internal yang cukup besar diantaranya 8GB, 16GB, 32GB, 64Gb.
 Upgrade FW yang relatif mudah.

 Dokumentasi yang memadai.
 Sophisticated development.
 Produk berseragam.
 Dukungan multi-task setelah versi 4.0. (Bilal Ahmed yasen & M. Awai Tariq, 2012).


Kekurangan iOS
 Harganya yang relatif mahal
 Memory yang tersedia tidah dapat ditambah sesuai dengan keinginan.
 Tampilan tidak dapat diubah sesuka hati. (http://www.apple.com/iOS ).
 Terlalu banyak pembatasan , tidak fleksibel.
 Tidak adanya kemudahan untuk aplikasi pihak ketiga.
 Masalah keamanan. (Bilal Ahmed yasen & M. Awai Tariq, 2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar