Kuis minggu
ke 9
1. Apa yang dimaksud dengan pasar
monooli dan monopolistis ?
Jawab :
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah
seorang penjual atau sering disebut sebagai "Monopolis".
Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana
terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas,
namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang
membedakannya dengan produk lainnya
2. Apa yang membedakan pasar monopoli
dan monopolistis ? jelaskan dan berikan
contoh ?
Jawab :
Yang
membedakan pasar monopoli dan monopolistis adalah pasar monopolistis mempunyai
banyak penjual, penjual di pasar mopolistis memiliki kemampuan untuk
mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar penjual dari pasar monopoli,
sedangkan pasar monopoli hanya mempunya satu penjual sehingga penjual itu
memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pasar monopoli
3. Jelaskan bagaimana cara memperoleh
keuntungan di pasar monopoli ? (gambarkan secara grafik)
Jawab :
Keuntungan
pasar monopoli yaitu keuntungan penjual cukup tinggi untuk produk yang
menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan
konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semaunya
4. Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari
pasar monopoli ?
Jawab :
Kebaikan
pasar monopoli yaitu penjualannya cukup tinggi, tidak dapat menentukan harga
semaunya dan Kelemahan pasar monopoli yaitu pembeli tidak ada pilihan lain
untuk membeli barang keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan terjadi
eksploitasi pembeli.
5. Apa yang dimaksud dengan pasar
oligopoly ?
Jawab :
Pasar
oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh
beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang
dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya
sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang
mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua
usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya
dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar