Kuis Teori Organisasi Umum 2
Materi Perilaku konsumen
Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
Jawab :
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
2. Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih
mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
Jawab :
Untuk mendesain bauran pemasaran, mensegmen pasar bisnis,
memposisikan dan mendeferensiasikan produk, melaksanakan analisis lingkungan,
mengembangkan studi riset pasar.
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam
analisa perilaku konsumen ?
Jawab :
Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti
perilaku konsumen.
ü
Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif.
Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang
mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group
discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan
apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
ü
Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial , dan behaviorial
serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan
metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi
dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji coba teori dan
mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi,
membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
ü
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini
dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan
hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh
strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan
sebutan moving rate analysis.
4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Jawab :
Faktor Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Perandan
Status.
Faktor Personal : Situasi Ekonomi,GayaHidup,
Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
Faktor Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,
Beliefs and Attitude.
Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen ?
Jawab :
Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh keinginan sesaat,
telitilah sebeum membeli, apakah barang yang akan kita beli itu termasuk
kebutuhan atau keinginan dan apakah bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi
pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah
kita menjadi konsumen yang konsumtif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar