Minggu, 14 Oktober 2012


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
            Perkembangan teknologi komputer, telekomunikasi, dan informasi telah berkembang dengan pesat. Teknologi komputer seperti ini memang memberikan dampak yang cukup besar kepada kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi komputer, dapat mempermudah pekerjaan manusia, seperti mempercepat kinerja dan produktivitas, menghemat tenaga, pikiran, dan juga uang. Namun, dibalik semua dampak positif dari penggunaan teknologi komputer ini, terdapat pula dampak negatifnya, seperti manusia menjadi malas karena ketergantungan pada teknologi komputer, pengurangan tenaga kerja,dan merebaknya kejahatan komputer
            Kejahatan komputer adalah kegiatan penggunaan komputer untuk melakukan tindakan illegal. Kejahatan di bidang komputer ini kemudian meningkat menjadi tindak kejahatan di dunia maya atau dikenal sebagai cybercrime. Hal ini jelas sangat merugikan banyak pihak, seperti institusi pemerintahan, dunia bisnis, bahkan pada privasi individual pengguna teknologi komputer . Kebanyakan dari mereka yang melakukan kejahatan komputer ini adalah orang yang ahli dalam bidang teknologi informasi atau komputer . Mereka mungkin lupa akan adanya etika dan profesionalis dalam teknologi informasi yang harusnya menjadi ‘perundangan’ bagi para ahli TI.
Karena hal itulah kami membuat makalah ini agar dapat memberikan pemahaman tentang kejahatan komputer, memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis kejahatan komputer , memberikan solusi untuk mengantisipasi kejahatan komputer, serta memahami isi dari etika dan profesionalis dalam teknologi informasi ( TI ).

B. Rumusan Masalah
         ·  Pemahaman tentang kejahatan komputer 
         ·  Faktor-faktor penyebab kejahatan komputer
         ·  Modus dan pelaku kejahatan komputer
         ·  Solusi untuk mengantisipasi kejahatan komputer
         ·   Pemahaman tentang etika dan profesionalis dalam TI

C. Tujuan
          ·  Untuk mendapatkan pemahaman tentang kejahatan komputer
          ·  Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejahatan komputer 
          ·  Untuk mengetahui modus dan pelaku dari kejahatan komputer
          ·  Untuk mengetahui solusi dalam menangani kejahatan komputer
          ·  Untuk mendapatkan pemahaman tentang etika dan profesionalis dalam TI


                                                                   BAB II
PEMBAHASAN


A.Kejahatan Komputer
            Kejahatan Komputer adalah perbuatan melawan hukum yang dilakukan memakai komputer sebagai sarana/alat atau sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Kejahatan yang berhubungan erat dengan penggunaan teknologi yang berbasis utama komputer dan jaringan telekomunikasi ini dalam beberapa literatur dan prakteknya dikelompokkan dalam beberapa bentuk, antara lain:
1.      Illegal Access / Akses Tanpa Ijin ke Sistem Komputer
Dengan sengaja dan tanpa hak melakukan akses secara tidak sah terhadap seluruh atau sebagian sistem komputer, dengan maksud untuk mendapatkan data komputer atau maksud-maksud tidak baik lainnya, atau berkaitan dengan sistem komputer yang dihubungkan dengan sistem komputer lain. Hacking merupakan salah satu dari jenis kejahatan ini yang sangat sering terjadi.

 2.      Illegal Contents / Konten Tidak Sah
 Kejahatan dengan memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum.

3.      Data Forgery / Pemalsuan Data
Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi salah ketik yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku.

 4.      Spionase Cyber / Mata-mata
Merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen ataupun data-data pentingnya tersimpan dalam suatu sistem yang computerized.

5.      Data Thieft / Mencuri Data
Kegiatan memperoleh data komputer secara tidak sah, baik untuk digunakan sendiri ataupun untuk diberikan kepada orang lain. Identity theft merupakan salah satu dari jenis kejahatan ini yang sering diikuti dengan kejahatan penipuan (fraud). Kejahatan ini juga sering diikuti dengan kejahatan data leakage.

6.      Misuse of devices / Menyalahgunakan Peralatan Komputer
Dengan sengaja dan tanpa hak, memproduksi, menjual, berusaha memperoleh untuk digunakan, diimpor, diedarkan atau cara lain untuk kepentingan itu, peralatan, termasuk program komputer, password komputer, kode akses, atau data semacam itu, sehingga seluruh atau sebagian sistem komputer dapat diakses dengan tujuan digunakan untuk melakukan akses tidak sah, intersepsi tidak sah, mengganggu data atau sistem komputer, atau melakukan perbuatan-perbuatan melawan hukum lain.

 B. Faktor-faktor meningkatnya kejahatan komputer
            Berikut ini adalah faktor penyebab meningkatnya kejahatan komputer :
  1. Akses internet yang tidak terbatas 
  2. Kelalaian pengguna komputer. Hal ini merupakan salah satu penyebab utama kejahatan komputer.
  3.Mudah dilakukan dengan resiko keamanan yang kecil dan tidak diperlukan peralatan yang super     modern. Walaupun kejahatan komputer mudah untuk dilakukan tetapi akan sangat sulit untuk melacaknya, sehingga    mendorong para pelaku kejahatan untuk terus melakukan hal ini.
  4. Para pelaku merupakan orang yang pada umumnya cerdas, mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan fanatik akan teknologi komputer. Pengetahuan pelaku kejahatan komputer tentang cara kerja sebuah komputer jauh diatas operator komputer.
  5. Sistem keamanan jaringan yang lemah.
 6. Kurangnya perhatian masyarakat. Masyarakat dan penegak hukum saat ini masih memberi perhatian yang sangat besar terhadap kejahatan konvesional.Pada kenyataannya para pelaku kejahatan komputer masih terus melakukan aksi kejahatannya. 
  7. Belum adanya undang-undang atau hukum yang mengatur tentang kejahatan komputer.
  8. Semakin banyak perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN mereka ke internet
  9. Meningkatnya aplikasi bisnis yang menggunakan internet

C. Modus dan pelaku kejahatan komputer

1. Hacker
            Hacker adalah sekelompok orang yang menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Ada juga yang bilang hacker adalah orang yang secara diam-diam mempelajari sistem yang biasanya sukar dimengerti untuk kemudian mengelolanya dan men-share hasil ujicoba yang dilakukannya. Hacker tidak merusak sistem.
 Beberapa tingkatan hacker antara lain :
a)      Elite
Mengerti sistem luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’.
 b)      Semi Elite
 Mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.
 c)      Developed Kiddie
 Kebanyakkan masih muda & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

  d)     Script Kiddie
 Kelompok ini hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.
 e)      Lamer
 Kelompok ini hanya mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya.
Hacker juga mempunyai kode etik antara lain sebagai beikut :
1. Akses kesebuah system dan apapun saja dapat mengajarkan mengenai bagaimana dunia bekerja, haruslah tidak terbatas sama sekali.
2. Segala informasi haruslah gratis
3. Jangan percaya pada otoritas, promosikanlah desentralisasi
4. Hacker haruslah dipandang dari sudut pandang aktivitas hakingnya, bukan berdasakan standarsiasi formal atau kriteria yang tidak elevan seperti derajat, usia, suku maupun posisi
5. seseorang dapat menciptakan karya seni dan keindahan dikomputer
6. Komputer dapat mengubah kehiupan seseorang menjadi lebih baik

2. Cracker
Cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.

 Ciri-ciri seorang cracker adalah :
        ·   Bisa membuat program C, C++ atau pearl 
        ·   Mengetahui tentang TCP/IP
        ·   Menggunakan internet lebih dari 50 jam perbulan
        ·  Mengetahaui sitem operasi UNIX atau VMS
        ·  Mengoleksi sofware atau hardware lama
        ·  Lebih sering menjalankan aksinya pada malam hari karena tidak mudah diketahui orang lain
     Penyebab cracker melakukan penyerangan antara lain :
        ·  Kecewa atau balas dendam
        ·  Petualangan
        ·  Mencari keuntungan
  Perbedaan Hacker dan Cracker
a.  Hacker
 1. Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.
  2. Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi   siapa saja.
         3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.

 b. Cracker
     1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
     2. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
     3. Mempunyai situs atau cenel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.
     4. Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak.3. Spyware

3. Spyware
Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya spyware masuk atau menginfeksi komputer karena mendownload kontent dari internet atau menginstall program tertentu dari situs yang tidak jelas.
Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan “segudang iklan” kepada pengguna. Tetapi, karena adware kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (adware umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).

Kerugian yang di timbulkan oleh spyware adalah antara lain:
a. Pencurian Data.
Kebanyakan informasi yang diambil tanpa seizin adalah kebiasaan pengguna dalam menjelajahi Internet, tapi banyak juga yang mencuri data-data pribadi, seperti halnya alamat e-mail(untuk dikirimi banyak surat e sampah atau dapat dikenal dengan (spam)).

b. Tambahan Biaya Pemakaian Internet.
Yang merugikan dari keberadaan spyware, selain banyaknya iklan yang mengganggu adalah pemborosan bandwidth dan privasi yang telah terampas.
Cara untuk menghindari/menghilangkan spyware adalah dengan cara menginstal software anti spyware yang tersedia di internet. Dan jangan lupa untuk selalu mengupdate databse software-software tersebut sehingga komputer Anda dapat terhindar dari serangan spyware-spyware tipe baru.
Tanda-tanda komputer  yang terinfeksi spyware:
  ·  Kinerja Computer akan terasa lambat, terutama jika terhubung dengan internet
  ·  Browser  terkadang atau seringkali macet ( hang / crash ) saat akan  membuka halaman web tertentu
  · Alamat situs yang sudah di-set secara default sering berubah
  · Terkadang browser terbuka dengan sendirinya secara massal dan langsung  mengakses situs tertentu
  
D. Solusi untuk mengantisipasi kejahatan komputer
1.     Memperkuat hukum
Kini dengan hukum dunia teknologi informasi diperkuat maka setiap orang tidak seenaknya lagi melanggar hukum. Organisasi industri seperti Software Publishers Association (SPA) segera dibentuk setelah maraknya pembajakan perangakat lunak dalam sekala besar maupun kecil. (Pembajakan perangkat lunak komersial sekarang merupakan tindak  pidana berat, bisa dienjara maksimal 5 tahun dan didenda hingga 250.000 dollar bagi siapa saja yang terbukti memakai peragkat bajakan). Dengan memperkuat hukum ini minimal akan mengurangi resiko kejahatan Teknologi informasi.

2.      CERT : Computer Emergency respose Team
Pada tahun 1988, setelah internet tersebar luas, Departemen pertahanan AS membentuk CERT. Meskipun lembaga ini tidak mempunyai wewenang untuk menahan atau mengadili, CERT menyediakan informasi internasional dan layanan seputar keamanan bagi para pengguna internet.
CERT  hadir sebagai pendamping pihak yang diserang, membantu mengatasi penggangu, dan mengevaluasi sistem yang telah megalami serangan untuk melindunginya dari gangguan dimasa yang akan datang.
3.       Alat pendeteksi kecurangan perangkat lunak deteksi berbasis aturan.
Dalam teknik ini pengguna, semisal pedagang membuat file negatif yang memuat kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap transaksi. Kriteria ini meliputi nomor kartu kredit yang dicuri dan juga batas harganya, kecocokan alamat rekening pemegang kartu dan alamat pengiriman, dan peringatan jika satu item dipesan dalam jumlah besar.

 Perangkat Lunak Model Prediktif-Statistik.
  Dalam teknik ini dilakukan pemeriksaan pada berton-ton data dari transaksi sebelumnya.Tujuannya untuk membuat diskripsi matematis tentang kecurangan transaksi yang biasa terjadi. Perangkat lunak ini menghitung pesanan yang masuk menurut skala rasio yang didasarkan pada kemiripan profil. Kecurangan, semisal jika beberapa pencuri yang telah mendapatkan nomor telpon perusahaan anda dengan cara menyadap pembicaraan - melakukan pembicaraan kesuatu negara padahal anda tidak pernah melakukannya, maka perangkat lunak AT&T akan melakukan aktivitas yang tidak biasa lalu memanggil anda untuk mengetahui apakah anda yang melakukan panggilan tersebut.

 Perangkat Lunak Manajemen Internet Pegawai (EIM)
Program yang dibuat oleh Websense, SurfControl, dan Smartfilter yang digunakan untuk memantau berapa banyak waktu yang dihabiskan para manusia yg diweb dan untuk memblokir akses ke situs judi atau porno perangkat lunak penyaring Internet
 Beberapa perusahaan menggunakan perangkat lunak penyaring filter khusus untuk memblok akses ke pornogafi, download music bootleg, dan situs Internet lain yang tidak dikehendaki yang kemungkinan akan diakses pengawasan secara elektronik perusahaan menggunakan berbagai jenis pengawas elektronik yang menyertakan teknologi pemantau audio dan visual, membaca email dan blog, dan merekam keystroke.

E. Etika dan Profesionalitas TI
            Etika komputer adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer. Etika komputer berasal dari 2 suku kata yaitu etika (bahasa Yunani: ethos) adalah adat istiadat atau kebiasaan yang baik dalam individu, kelompok maupun masyarakat dan komputer (bahasa Inggris: to compute) merupakan alat yang digunakan untuk menghitung dan mengolah data. Jumlah interaksi manusia dengan komputer yang terus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturan dasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas.
            Isi dari etika komputer :
   1.  Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain. 
   2. Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lain. 
   3. Jangan memata-matai file-file yang bukan haknya.
   4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri.
   5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu.
   6. Jangan menduplikasi atau menggunakan software tanpa membayar.
   7. Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan.
   8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lain.
   9.  Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang.
  10.Selalu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan komputer.

                                                                         
                                                                          BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan

Berbagai persoalan yang telah penulis sampaikan di atas hanya sekelumit dari berbagai permasalahan tentang kejahatan pada komputer khususnya di era internet. Namun, berbagai teori dan kasus kejahatan yang telah disampaikan di atas setidaknya telah membuka wawasan kita bahwa Internet sebagai sebuah media ternyata tidak dapat “membebaskan diri” dari kejahatan. Dalam perkembangannya saat ini internet justru menjadi media yang sangat efektif bagi perkembangan kejahatan bentuk baru yang dikenal dengan nama cybercrime. Tentu, permasalahan ini haruslah dicarikan solusi, sehingga internet dapat dimanfaatkan secara maximal bagi kehidupan umat manusia. Karena itulah, sistem hukum yang efektif telah menjadi tembok akhir bagi pencari keadilan untuk meminimumkan berbagai kejahatan di Internet. Namun, sistem hukum tidak dapat effektif bekerja bila masyarakat yang dirugikan masih saja menutup diri dalam belenggu bahwa penegakkan hukum akan selalu menimbulkan kerugian yang jauh lebih besar lagi. Kemajuan teknologi menyebabkan munculnya dampak negatif yang diakibatkan oleh kesalahan pemanfataan dari perkembangan teknologi tersebut. Hal ini tidak dapat dihindari dengan menekan perkembangan teknologi yang terus meninggkat setiap harinya. Internet merupakan jaringan komputer terbesar didunia yang membebaskan setiap orang untuk mengaksesnya. Oleh karena itu kejahatan komputer hanya merupakan kejahatan yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang memiliki keahlian dibidang komputer dan keamanan jaringan.

B.   Saran

Beberapa langkah penting yang harus dilakukan setiap negara dalam penanggulangan
cybercrime (kejahatan computer) adalah :

   ·  Melakukan modernisasi hukum pidana nasional beserta hukum acaranya, yangdiselaraskan dengan     konvensi internasional yang terkait dengan kejahatan tersebut
   ·   Meningkatkan sistem pengamanan jaringan komputer nasional sesuai standar internasional
   ·   Meningkatkan pemahaman serta keahlian aparatur penegak hukum mengenai upaya pencegahan, investigasi dan penuntutan perkara-perkara yang berhubungan dengan cybercrime
   ·   Meningkatkan kesadaran warga negara mengenai masalah cybercrime serta pentingnya mencegah kejahatan tersebut terjadi
   ·  Meningkatkan kerjasama antar negara, baik bilateral, regional maupun multilateral,dalam upaya penanganan cybercrime, antara lain melalui perjanjian ekstradisi dan mutual assistance treaties